Selasa, 04 Januari 2011

Bikin Toko Online Wordpress dengan WP E-Commerce

Sumber: www.AnneAhira.com

Siapa yang tidak mengenal wordpress? Sebagai salah satu layanan blog paling lama yang ada, wordpress dikenal akan kemudahan penggunaannya, banyaknya template dan plugin pendukung yang tersedia. Selama Anda rajin mencari apa yang Anda butuhkan di internet, Anda akan menemukan beragam fasilitas yang mendukung situs berbasis wordpress Anda.

Selain mendukung blog, terdapat juga fasilitas toko online wordpress. Salah satu plugin yang mendukung adalah WP E-Commerce yang bisa Anda unduh secara gratis. Meskipun demikian perlu dicatat bahwa untuk membuat toko online wordpress ini, Anda perlu menggunakan hosting dan domain Anda sendiri.


Terdapat layanan domain gratis seperti dari www.co.cc, akan tetapi jika Anda serius membangun toko online, lebih baik jika Anda membeli domain sendiri yang harganya tidak mahal. Mengenai hosting, juga terdapat beberapa hosting gratis seperti dari 000webhost atau bythost.


Hanya saja terdapat keterbatasan kapasitas. Alangkah baiknya jika Anda menyisihkan dana untuk hosting berbayar demi kestabilan toko Anda. Toh harganya juga tidak terlalu mahal.

Kembali ke masalah toko online wordpress, berikut adalah cara singkat membuat toko online wordpress dengan WP E-Commerce.



  • Unduh Wordpress terlebih dahulu di situs www.wordpress.org untuk mendapatkan versi wordpress terbaru. Anda bisa mengecek fasilitas di hosting Anda yang seringkali menawarkan fasilitas menginstall wordpress hanya dengan sekali klik. Ini akan menghemat waktu Anda. Unduh juga plugin WP E-Commerce melalui http://downloads.wordpress.org/plugin/wp-e-commerce.3.7.1.zip




  • Upload wordpress ke hosting Anda. Anda bisa menggunakan fasilitas fantastico untuk mempersingkat waktu. Caranya, login ke cPanel > Software Service > Fantastico Deluxe > New Installation. Isilah data yang dibutuhkan kemudian tekan Install Wordpress.




  • Setelah Anda selesai menginstall wordpress, sekarang giliran Anda mengupload plugin WP E-Commerce. Jalankan aplikasi Filezilla Pindah isi folder WP E-Commerce yang telah diekstrak ke public_html\wp-content\plugin\




  • Sekarang Anda akan mengaktifkan plugin WP E -Commerce Anda. Masuklah ke http://namasitusanda.com/wp-login.php. Ikuti langkah berikut: plugin > installed > lalu beri tanda centang pada plugin WP Shopping Cart > Activate. Selesai. Toko Online Wordpress Anda sudah siap dipakai dan diatur sesuai dengan keinginan Anda.



Beberapa Widget Pendukung Toko Online Wordpress


Widget merupakan fitur atau dapat dikatakan sebagai alat tambahan untuk memaksimalkan sebuah blog atau situs. Di Wordpress terdapat beberapa widget yang bermanfaat untuk toko online wordpress Anda, antara lain: shopping cart, product categories, latest product, dan search.

Widget Shopping Cart berfungsi untuk mencatat produk yang akan diambil pembeli. Anda tinggal masuk ke Appearance > Widgets dan kemudian menarik widget shopping cart ke sidebar. Hal serupa dapat Anda lakukan untuk widget-widget yang lain.


Jika Ada ingin menampilkan widget status yahoo messenger Anda, Anda dapat mengunduhnya pada halaman downloads.wordpress.org dan kemudian upload seperti cara mengupload WP E-Commerce.

Nah, sekarang Anda sudah mendapat gambaran singkat mengenai toko online wordpress,. Jika Anda ingin belajar lebih dalam mengenai sistem marketing di internet, mengapa tidak Anda kunjungi www.asianbrain.com? Di sana Anda dapat belajar langsung dari pakarnya internet marketing Indonesia, yaitu Anne Ahira. Anda juga akan didukung oleh komunitas yang siap membantu Anda jika Anda menemui masalah. Masalah biaya? Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat mencoba dahulu secara gratis selama satu bulan. Jadi, tunggu apa lagi?

Share this article now on :

11 komentar:

service tv | programer eeprom mengatakan...

Sip mas infonya..saya coba di akun wordpress...tapi agak susah belum familiar

Peluang Usaha mengatakan...

Sudah lama aku ingin punya toko online.Senang sekali ada info menarik begini.....

Ilmu komputer pemula mengatakan...

Saya masih asyik dengan Blogspot, oke lah buat referensi, lanjutatin bacanya dulu gan

sanders mengatakan...

buat agan2 yg ingin punya toko online yg profesional
dan kaya fitur silakan mampir di http://juragantoko.com/ & http://gallery.juragantoko.com/

sepatu kerja mengatakan...

makasih banyak atas infonya,sy jg pakai Wp ecommerce

Gissakreasindo Photography mengatakan...

Assalamualaikum

Boleh ga mba Anne kalo tukeran link, gmn cara yah?

salam
Agus Salim Santoso

Suara Terbaru mengatakan...

mantap infomya....

Unknown mengatakan...

Mau nanya, apa plugin ini compatible dengan wordpress versi terbaru?

veluza mengatakan...

mantap..info yang sangat bagus,,tengkyu

online shop mengatakan...

online shop yang dibuat dari wordpress sangat bagus sekali dari segi tempalte dan seonya juga sangat baik

Jasa Pembuatan Toko Online mengatakan...

Boleh dipraktekan untuk website toko online teman nih hahaha btw template untuk toko online ini kalau uda jadi cari dimana ya om? Thanks!

Posting Komentar

blog ini dofollow,silahkan berkomentar dan insya Allah saya akan berkunjung balik.terimakasih atas kunjungan sobat semua