Minggu, 03 April 2011

LISTRIK PRABAYAR


Inilah bentuk layanan terbaru PLN : Listrik Prabayar. Kelebihannya begitu banyak. Kemudahannya begitu nyata. Maka sistem Listrik Prabayar yang kini sedang digalakkan PLN akan terus dikembangkan dengan semangat tinggi oleh PLN. Siapa yang tidak ikut arus baru Listrik Prabayar akan ketinggalan nantinya. Kini sudah mulai banyak komplek-komplek perumahan yang secara kolektif dan masal beralih ke sistem Prabayar. Sudah banyak pula apartemen yang secara total bermigrasi ke Prabayar.

Penggunaan setrum isi ulang sangat mudah. Pelanggan cukup memasukan 20 digit angka yang terdapat pada setrum isi ulang ke meter digital listrik prabayar. Secara otomatis meter prabayar akan menunjukkan jumlah kWh sesuai nilai nominal setrum yang dibeli.

Melihat mudahnya penggunaan listrik prabayar, tentu saja cara baru ini sangat berbeda dengan cara berlangganan listrik biasa yang ada saat ini atau kita sebut pasca bayar. Pelanggan pasca bayar terlebih dahulu menggunakan listrik, kemudian membayar tagihan rekening listrik dalam periode tertentu setiap bulan sesuai besarnya pemakaian.

Keuntungan sebenarnya yang dapat dirasakan langsung oleh pelanggan prabayar berupa :
  • Tidak ada petugas pencatat meter yang datang ke rumah sehingga privasi tidak terganggu.
  • Tidak ada sanksi pemutusan
  • Tidak dikenakan denda keterlambatan
  • Tanpa Uang Jaminan Pelanggan
  • Tidak dikenakan biaya beban bulanan
  • Kemudahan pembelian setrum isi ulang

Selain itu, dengan semakin beragamnya kebutuhan yang harus dipenuhi, listrik prabayar merupakan pilihan tepat untuk berhemat. Manfaat hemat yang didapat diantaranya :
  • Pelanggan dapat mengendalikan pemakaian listrik untuk menghindari pemborosan
  • Pelanggan dengan mudah dapat memantau pemakaian listriknya setiap saat.
  • Pelanggan dapat menyesuaikan biaya pemakaian listrik dengan anggaran belanja.

Layanan listrik prabayar tersedia untuk pelanggan listrik pasca bayar yang akan bermigrasi ke listrik prabayar dan calon pelanggan yang akan pasang baru.
Untuk pasang baru listrik prabayar syarat dan proses layanan sebagai berikut :
1.     Calon pelanggan melakukan pendaftaran di kantor pelayanan PLN terdekat dilengkapi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan denah lokasi yang akan di pasang listrik prabayar
2.     Penerbitan surat persetujuan
3.     Calon pelanggan membayar biaya penyambungan dan setrum perdana Rp 20.000,-
4.     Calon pelanggan menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik
5.     Petugas PLN melaksanakan penyambungan dan pemasangan meter prabayar

Untuk pelanggan pasca bayar yang akan bermigrasi ke listrik prabayar, syarat dan proses layanan sebagai berikut :
1.     calon pelanggan melakukan pendaftaran di kantor pelayanan PLN terdekat dilengkapi dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan denah lokasi
2.     Penerbitan surat persetujuan
3.     Membayar setrum perdana Rp 20.000,-
4.     Menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik
5.     Petugas melaksanakan penyambungan dan penggantian meter dengan meter prabayar
Nilai setrum isi ulang yang tersedia saat ini bernilai nomimal Rp 20.000,- s/d Rp 1.000.000,- . Untuk memudahkan pelanggan, tempat pembelian setrum isi ulang sudah tersebar di  beberpa tempat di Jawa Barat dan DKI, seperti BPR KS, loket pembayaran AKSES+, Bank Bukopin, loket mitra Bukopin, loket PT POS, Bank NISP, Danamon Syariah dan Bank-Bank lain yang akan menyusul kemudian.



Cara Pembelian Listrik Isi Ulang Lewat Anjungan Tunai Mandiri (ATM)
ATM Mandiri 
  1. Pilih Pembayaran/Pembelian
  2. Pilih Multi Payment
  3. Ketik “30300”
  4. Masukkan No Meter (11 nomor)
  5. Masukkan Nominal Pembelian
  6. Ketik “1”
Struk akan tercetak
ATM  BCA
  1. Pilih Transaksi Lainnya
  2. Pilih Voucher isi Ulang
  3. Pilih Lainnya
  4. Pilih PLN Prepaid
  5. Masukkan nomor Meter (11 nomor)
  6. Pilih Nominal Voucher
  7. Tekan Benar / Salah
Struk akan tercetak
ATM BNI
  1. Pilih Pembayaran
  2. PLN
  3. PLN PRABAYAR
  4. Pembelian Token
  5. Masukan No meter (11 nomor, tambahkan “0” di depan no meter)
  6. Pilih jenis “0”
  7. Pilih Nominal Pembelian
Struk akan tercetak
ATM Bukopin
  1. Pilih ISI ULANG PULSA DAN LISTRIK
  2. Pilih LISTRIK / PLN
  3. Masukan Nomor Meter (11 nomor)
  4. Pilih Nominal Pembelian
Struk akan tercetak
ATM NISP
  1. Pilih MENU LAINNYA
  2. Pilih PULSA ISI ULANG DAN PLN
  3. Pilih PLN PRABAYAR
  4. Masukan Nomor Meter (11 nomor)
  5. Pilih Nominal Pembelian
Struk akan tercetak
ATM BRI
  1. Pilih Transaksi Lainnya
  2. Pilih Pembayaran
  3. Pilih PLN
  4. Pilih Prabayar
  5. Masukkan Nomor Meter (11 nomor)
  6. Tekan Benar/Salah
  7. Pilih Nominal Token / Voucher
  8. Tekan Benar / Salah
Struk akan tercetak
Share this article now on :

21 komentar:

pnyu mengatakan...

tulisan yang bermanfaat bos.
lam knal bos eky,
saya menawarkan cara yang sederhana untuk isi ulang setrum PLN prabayar. bs bos liat d blog saya ni link nya :
http://www.andripnyu.co.cc/2011/05/listrik-prabayar-bagaimana-cara.html

tk's

elfix mengatakan...

Интересный информацион. Хотя и не очень понятный.

helmi mengatakan...

GAMPANG AMAT CR PASANG BARUNYA<<<<
banyak yg ketinggalan bro....
mang daftar langsung pasang,,,,,
petugas pln yg masang itu biro teknik listrik,,,
jd biro tehnik jgn di lewatin,,,,
tolong klo ngasih info yg akurat,,,jd ga da kesalah pahaman..
klo ga tau tanya ya,,,,
biaya bkn cm ijin pasang baru doang...
ada SJI...ada surat penunjukan cv..ada material intalasi..ada surat konsuil/SLO..matre..dll...jg biaya tenaga pemasangan,,,,
......

obat tradiisonal stroke mengatakan...

pingn coba tapi takut gagal

nokiasolusi mengatakan...

ribet,,,,

tono mengatakan...

ok deh saya coba

sinyo mengatakan...

listrik pra bayar ...ogah bngt pake....kalo di lcd kwh prabayar udah mncl tulisan periksa,ada tanda tangan'a mumet dech.mending pake yg biasa aj lbh mantap

Kakhasi Hatake mengatakan...

setuju ma sinyo, meteran gua muncul tulisan PERIKSA and jadinya gak bisa isi ulang, tau gitu gua gak ganti, sial PLN gak kasih tau dulu kalo rumitnya kayak gini, dah gitu telp PLN gak buru2 diperbaiki, mana pulsa tinggal dikit.
pengumuman aja buat yang mau pasang meter prabayar, pikirlah seribu kali, entar kalo dah nemu PERIKSA mampus ente.....

moh idris mengatakan...

ada tulisan periksa berarti pemasangan ataupun instalasi di rumah saudara kurang benar atau tidak sesuai,itu biasanya ada grounding liar atau dengan kata lain pembumian yang tidak sesuai,suatu contoh,karena kurang yakin maka ada tambahan pembumian lagi misal saja pada akhir sirkuit atau instalasi ada tambahan groun.sehingga di dalam satu instalasi (satu rumah)ada pengegrounan 2.jadi timbul periksa.Adanya listrik prabayar itu mempermudah bukan nya mempersulit karena jelas lebih hemat dan mudah terkontrol.Untuk keluhan seputar abnormal (meter kwh tertera tulisan "periksa" saudara bisa bertanya ke ahli terdekat atau layanan teknik atau bisa kirim sms ke saya no hp.085869015758 insya Allah saya akan bantu penjelasan .terimakasih.

Anonim mengatakan...

ya neh, kt nya migrasi dari pasca byr k pra bayar gratis kmrn malah di tarik ongkos 50.000!! tambah daya udh konfirmasi ke kantor pln dari 900 ke 1300 biaya 300.000. eh kenyataan di lapangan kena 400.000. pa gk dpt gaji ntu pln! malah da yang nawari 550.000 lagi!
baru ganti meter pra bayar kmrn eh skrg udh muncul tulisan periksa, pa emang di buat bisnis ya ma pln biar dpt vee lagi. ato pln kita gk profesional!!!!

obat herbal kanker payudara mengatakan...

ribet om, listrik yang pake pulsa...

Munawir mengatakan...

Tapi kayaknya lebih mahal di banding pasca bayar.

Trica Jus mengatakan...

berbagi kata kata MG gan
Jika menurutnya hidup ini tak semudah nasihat baik, apakah baginya hidup ini semudah melakukan nasihat buruk? Kehidupan ini tidak mudah. Kita diminta patuh kepada tuntunan kebaikan, agar kita dikuatkan dan hidup kita dimudahkan oleh Tuhan.
semoga bermanfaat dan di terima ya :D
salam kenal dan sukses selalu

Crystal X mengatakan...

wah kl pake yang listrik prabayar ga bisa ngutang donk soalnya kl pulsa habis langsung mati, sedangkan kl yg pake model lama kl terlambat bayar listrik masih nyala hehehe...

daen mengatakan...

bukan pln gk profesional tp mang ada oknum yang sengaja memanfaat kan. gue juga korban oknum pln bangsat...
pak pln yang paling tinggi kedudukan. tplpng ditindak oknum pln bangsat..

boyang doang mengatakan...

listrik prabyar saya eror, adakah yg tau masalahnya knp, tlong beritahu

veluza mengatakan...

nice post,,thank for give me some informatio abaut listrik-prabayar

news lensa mengatakan...

info yang sangat bermanfaat

sportandrecreation3 mengatakan...

artikel bagus

blogdownload3 mengatakan...

informasi postingan listrik prabyar sangat berguna bagi pembaca

veluzasport mengatakan...

mantap gan

Poskan Komentar

blog ini dofollow,silahkan berkomentar dan insya Allah saya akan berkunjung balik.terimakasih atas kunjungan sobat semua